Selasa, 30 Maret 2010

Perbandingan Web browser pada kampus Politenik Telkom

1.1. Latar Belakang
Kebutuhan akan akses internet saat ini sangat besar terutama untuk yang berkecepatan tinggi dan untuk aplikasi multimedia,keperluan bisnis, dan kebutuhan belajar mahasiswa. Semakin meningkatnya kebutuhan internet untuk keperluan sehari-hari membuat kita perlu mempertimbangkan web browser yang tepat untuk mahsiswa yang mempuyai mobolitas yang tinggi dan di tinjau dari konektifitas kampus politeknik telkom.
Seiring meningkatnya minat mahasiswa politeknik telkom terhadap layanan internet banyak perusahaan pembuat software berbondong-bondong untuk membuat web browser yang mempunyai keunggulan masing-masing. Microsoft corp muncul dengan mengeluarkan Internet explorer, Mozilla corp. dengan ratusan sukarelawannya megeluarkan web browser Mozilla Firefox yang beberapa tahun terakhir merebut pangsa pasar pengguna internet, AOL corp juga tidak ingin kalah mereka mengeluarkan Netscape navigator 6 sebagai web browser andalan mereka, Safari akhir-akhir ini juga menjadi salah satu web browser pilihan para pengguna Mac keluaran dari Apple Inc. selain itu masih banyak web browser lain dengan keunggulan fitur-fitur yang dapat menjadi pilihan bagi para pengguna internet.
Secara umum, web browser mempunyai keunggulan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Contohnya dalam hal kecepatan memperbaharui maupun mengunduh,kesesuaian dengan system operasi yang ada,ketepatan dalam pencarian dalam web menjadi suatu nilai tambah tersendiri dalam pemilihan sebuah web browser dengan tingkat koneksi seperti di poiliteknik telkom.
Banyaknya web browser yang tersedia, tingkat koneksi di politeknik telkom, serta terdapat perbedaan dari keunggulan masing-masing web browser mengharuskan kita untuk memilih dengan cermat layanan web browser internet yang tepat dan sesuai dengan kebutuhaan kita sebagai mahasiswa politeknik telkom agar kita dapat menikmati layanan internet yang ada dengan maximal. Oleh karena itu kami melakukan pengamatan terhadap kualitas setiap web browser, agar dapat memudahkan para calon pengguna maupun layanan internet di politeknik telkom dalam menentukan web browser internet yang akan di pakainya.

Tujuan
• Mengetahui web browser yang sering paling digunakan mahasiswa Politeknik Telkom khususnya kelas PCE-0801.
• Mengetahui web browser yang cocok di lingkungan politeknik telkom.
• Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap web browser.

Rumusan Masalah
• Web browser apakah yang sering paling digunakan mahasiswa Politeknik Telkom khususnya kelas PCE-0801?
• Web browser apa yang cocok digunakan di lingkungan politeknik telkom?
• Bagaimana kelebihan dan kekurangan web broeser?


Kegunaan dan Manfaat
• Dapat mengetahui web browser yang sering digunakan mahasiswa Politeknik Telkom khususnya kelas PCE-0801.
• Dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap web browser
• Dapat mengetahui web browser yang terbaik

Tinjauan Pustaka

INTERNET EXPLORER


Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft. Ia tersedia untuk kebanyakan versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi ter-update untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX,tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.
Internet Explorer hingga kini masih merupakan browser web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan browser menurut sebuah perusahaan penganalisa web WebSideStory. Explorer diikutkan sebagai browser default di semua versi Microsoft

Windows sejak Windows 95 OSR-2. Windows XP Service Pack 2 keluaran Microsoft beberapa lama ini menambah beberapa fitur keamanan penting kepada Internet Explorer, termasuk firewall Windows yang sudah diupdate dan pemblokir pop-up. Ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenai spyware yang telah menyerang Explorer dengan berat. Microsoft menganjurkan para pengguna untuk mengupdate Microsoft Windows (melalui Windows Update) secara berkala.
ASAL-USUL KEAMANAN Di bawah pengawasan media yang ketat karena besarnya jumlah penggunanya, eksploitasi terhadap "lubang" keamanan Internet Explorer telah mengakibatkan IE mendapatkan reputasi sebagai browser utama (ini termasuk Safari, Mozilla Firefox, Mozilla and Netscape, Opera, dan Konqueror) yang paling tidak aman. Microsoft secara berkala mengeluarkan patch keamanan yang bisa didownload secara otomatis dan dipasang untuk mengupdate browsernya


GOOGLE CHROME


Google mengeluarkan browser terbaru yang diberi nama Google Chrome. Kenapa Google meluncurkan Google Chrome? Sebab mereka percaya, bahwa mereka dapat menambahkan nilai untuk para pemakai internet dan, pada waktu yang sama, mereka memberikan inovasi pada web browser.
Para ahli yang ada di Google sering meluangkan waktu mereka untuk bercakap – cakap, e-mail dan saling berhubungan dengan para teman – teman. Karena mereka sering menggunakan internet, mereka mulai serius berpikir untuk membuat sebuah browser dan membangun semua unsur – unsur terbaik di sana. Kita menyadari bahwa web telah meningkat dari halaman teks sederhana ke aplikasi yang interaktif. Apa yang benar – benar kita perlukan bukan hanya suatu browser, tetapi juga suatu platform modern untuk halaman web dan aplikasi, dan sejak itulah Google mulai membangun browser itu.
Ini baru sebuah permulaan. Google Chrome adalah masih jauh dari sempurna. Mereka meluncurkan versi beta ini untuk Windows, dan mulai di diskusikan untuk lebih luas lagi. Mereka bekerja keras di tempat mereka bekerja untuk membangun versi Mac dan Linux juga, dan akan melanjutkan untuk membuat lebih sempurna dan lebih cepat lagi.
Suatu web akan menjadi lebih baik lagi dengan lebih banyaknya pilihan dan inovasi. Salah satunya adalah Google Chrome, dan mereka akan selalu berkontribusi untuk membuat web menjadi labih baik lagi kelak.

Keunggulan Google Chrome
Sudah tentu Google Chrome mempunyai perbedaan dengan browser lainnya. Dan perbedaan – perbedaan itu adalah :
Ringan
Pertama kali dibuka, chrome nyaris tidak terasa bebannya di resource CPU. Disini saya pakai Dual-Core 3,0Ghz; DDR2 1024Mb; VGA OnBoard. Kalau saya bilang, browser ini adalah browser yang paling ringan yang pernah saya pakai. Sudah coba buka tab sampai 20an, masih oke.
Space Lega
Ini yang paling terasa beda. Menu Bar dan Bookmark Bar lenyap (juga statusbar yang auto hide), ada ruang ekstra untuk melihat page yang sedang kita buka. Jadi lebih terasa nyamannya browsing dengan Chrome
Intuitif
Pertama kali dibuka, Chrome akan mengkonfirmasi apakah kita mau mengimport data-data dari browser lain seperti Firefox, IE, dll. Address Bar dibuat mirip dengan Firefox 3, punya Caption dan URL search, jadi cukup mengetikan URL atau Title dari sebuah page, kita akan diberi list URL yang relevan, hanya saja awal - awal proses penampilannya terasa lebih lambat dibanding Firefox 3, tapi setelah dibiarkan beberapa menit, sudah sama cepatnya dengan Firefox 3. Di Chrome, Address Bar juga berfungsi sebagai Search Box, dalam artian jika kita mengetik sebuah keyword (bukan URL), maka akan langsung berpindah ke halaman search (defaultnya adalah Google Search). Juga, setiap page yang kita buka akan masuk ke halaman Most Viewed (halaman yang muncul saat membuka tab baru). Cukup intuitif.
Pencarian Teks (Updated)
Pencarian teks di Chrome cukup nyaman, saat kita mengetikan keyword, maka Chrome langsung mencari semua teks yang relevan, dan menandainya dengan warna kuning transparan. Di beberapa bagian scrollbar Chrome juga akan ditandai dengan warna kuning yang berarti teks yang relevan ada di posisi scrollbar tersebut. Find Prev / Next keyword juga mudah karena ada tombol Up / Down disebelah kolom keyword. Kita tetap bisa menggunakan shortcut F3 untuk find prev / next.
Satu Kotak Untuk Semua
Di Google Chrome, Anda dapat membuka apapun di web dengan satu kotak. Panel alamat, yang terdapat di bagian atas jendela Chrome biasa, meringkas kerepotan ber-Internet karena berfungsi ganda sebagai kotak penelusuran. Anda juga dapat menggunakan panel alamat untuk menandai situs Web dan mengetahui keamanan situs Web.
Halaman Tab Baru
Bila Anda membuka tab baru, Google Chrome telah mengisinya dengan informasi bermanfaat. Dengan sekali klik, Anda dapat membuka sumber informasi Web yang paling sering digunakan. Untuk membuka halaman Tab Baru, klik ikon + di sebelah tab terakhir.
Kontrol Kerusakan
Setiap tab yang digunakan dijalankan secara terpisah di browser, sehingga jika salah satu aplikasi rusak, maka aplikasi lainnya tidak akan terpengaruh
Mode Penyamaran
Bila ingin menjelajah dalam mode ’siluman’, misalnya untuk merencanakan kejutan seperti hadiah maupun ulang tahun, Google Chrome menawarkan mode jelajah penyamaran. Halaman Web yang dibuka dan file yang di-download sewaktu Anda menggunakan penyamaran tidak akan disimpan dalam riwayat penelusuran dan download. Semua cookie baru terhapus setelah jendela penyamaran ditutup. Anda dapat menjelajah seperti biasa dan dalam mode penyamaran pada saat yang sama menggunakan jendela terpisah.

Penelusuran Aman
Google Chrome akan menampilkan peringatan jika alamat Web yang tercantum pada sertifikat tidak sesuai dengan alamat situs Web yang akan diakses oleh Chrome.
Bila Anda terhubung ke situs Web aman, server yang meng-host situs Web tersebut akan memberikan sertifikat kepada Chrome dan browser lainnya untuk memverifikasi identitas. Sertifikat ini berisi informasi seperti alamat situs Web yang dikonfirmasi oleh pihak ketiga yang dipercaya komputer. Dengan mencocokkan alamat dalam sertifikat dengan alamat situs Web, dapat dipastikan Anda berkomunikasi secara aman dengan situs Web yang dituju, dan bukan pihak ketiga (misalnya, hacker di jaringan).
Kemungkinan alasan ditampilkannya tanda mencakup:
• Komunikasi server dihentikan oleh seseorang di Web yang memberikan sertifikat untuk situs Web lain. Hal ini akan menyebabkan ketidakcocokan.
• Server mungkin dikonfigurasi agar mengembalikan sertifikat yang sama untuk beberapa situs Web, termasuk situs yang akan Anda kunjungi, meskipun sertifikat tersebut tidak valid bagi semua situs Web tersebut. Misalnya, sertifikat mungkin menginformasikan bahwa alamat Web seharusnya adalah www.xyz.com, namun kami tidak dapat memverifikasi bahwa situs Web ini sama dengan xyz.com.
Jika Anda benar-benar yakin bahwa kedua situs Web tersebut sama, Anda dapat membuka situs Web dengan mengklik tombolTetap lanjutkan. Secara umum, sebaiknya lakukan tindakan pencegahan, lalu klik tombol Kembali demi keamanan yang akan membawa Anda kembali ke halaman Web yang dikunjungi.


MOZILLA


Firefox dari Mozilla adalah freeware yang mudah dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. Seperti halnya Opera, Firefox juga memiliki semacam tabs untuk menangani banyak halaman web pada saat yang bersamaan, tanpa harus membuka banyak jendela. Cukup dengan memanfaatkan tabs, pengguna dapat berpindah dari satu halaman web ke halaman lain. Filter untuk menangkal jendela pop up yang menjengkelkan yang menghambat tampilan web utama juga disediakan secara default setting. Sistem keamanannya mampu mencegah ActiveX beroperasi. Pada browser IE, komponen ActiveX yang biasa dipakai para programmer komputer ini sering kali dimanfaatkan software spyware untuk "mengaduk-aduk" komputer pemakainya. Mesin pencari terkenal macam Google sudah dibundel Firefox. Hasil download bisa disimpan secara otomatis ke desktop komputer, sehingga lebih mudah ditemukan. Selain itu, pengaturan toolbar, tombol, dan ukuran browser dengan mudah dapat dilakukan. Setelah instalasi Firefox yang mudah selesai dilakukan, pengguna akan ditanya apakah ingin mengimpor favorites, setting, history, dan password dari IE atau browser lain. Browser dapat langsung dijalankan tanpa perlu melakukan banyak konfigurasi. Pengguna yang ingin mengetahui headline dari halaman web tertentu dapat melihatnya dari bookmark. Selain cepat, yang jelas, fitur keamanan Firefox lebih andal dibandingkan IE. Setting browser internet pun bisa diatur dengan lebih leluasa.
Arsitektur terbuka Firefox memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan browser. Pengguna dapat mengustomisasi Firefox secara spesifik. Seperti membuka e-mail saat browser diaktifkan, memblok seluruh iklan pop up


Opera


Sekitar tahun 1992, Jon Stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsey merupakan bagian dari sebuah grup riset di Televerket (sebuah perusahaan telpon asal Norwegia yang sekarang bernama Telenor). Grup teresbut mengambil peranan dalam mengembangkan ODA (Open Document Architecture), yaitu sebuah standar sistem penyimpanan dan pengambilan dokumen, gambar dan yang lainnya.
Grup ini juga mendirikan server Internet pertama di Norwegia dan home page di tahun 1993. Tapi mereka merasa bahwa browser yang mereka gunakan yaitu Mosaic mempunyai struktur yang biasa-biasa saja untuk digunakan secara efektif pada saat bowsing. Oleh karena itu, grup ini tergerak untuk membuat sebuah web browser yang baru dari awal.
Diinspirasikan oleh proyek ODA tadi, mereka melihat suatu pasar potensial untuk membangun sebuah browser yang bisa beradaptasi dengan segala macam struktur web. Di akhir tahun 1995, Televerket berubah namanya menjadi Telenor dan disitulah perusahaan Opera Software dibangun. Produk mereka kemudian diberi nama MultiTorg Opera dan dengan secara cepat digunakan oleh komunitas Internet pada saat itu karena fitur Multiple Document Interface dan sidebar-nya yang membuat browsing beberapa halaman secara sekaligus menjadi lebih mudah.
Opera telah memelopori banyak fitur yang kemudian ditiru oleh browser lainnya. Contohnya, Opera adalah browser pertama yang mengintegrasikan gerakan mouse (mouse gesture) sebagai cara yang mudah untuk navigasi situs. Opera juga memiliki beberapa fitur orisinil, termasuk loading halaman di background, notes, penggantian skin, sesson management dan lain-lain. Selanjutnya Opera menjadi lebih terkenal dan sedikit “nakal” karena Multiple Document Interface yang bisa dibilang mendobrak tradisi web browser yang telah ada.

Kelebihan dan Kekurangan dari Setiap web browser
Internet Explorer
Kelebihan
• Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
• Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik
• Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live
Kekurangan
• Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
• Berat saat awal start dan saat membuka tab baru
• Browser ini kurang bandel. Saya jarang pake IE8 karena pernah terkena virus saat browsing pakai ini. "IE sebagai penguasa pasar web browser memang menjadi target utama serangan para hacker"
Mozilla Fire Fox
Kelebihan
• Banyak fitur tambahan (add ons), ibarat kepingan puzzle, add ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user
• Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimedia
• Updatenya mudah
• Sistem security kuat
Kekurangan
• Loading lama saat mulai start, apalagi jika banyak adds-on yang terinstall
• Membuka situs-situs multimedia seperti Youtube dan Metacafe memang lebih cocok memakai Firefox. Download managernya juga lebih oke karena masih bekerja ketika browser ditutup , apalagi buat yang suka download file-file besar
Google Chrome
Kelebihan
• Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab
• Desainnya simpel dan minimalis
• istem security kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker
Kekurangan
• Statis, fiturnya kurang banyak
• Installnya harus online, Chrome tidak menyediakan file masternya, jadi kalau mau menginstall hanya diberi file lauchernya saja
• Browser ini lebih cocok buat buka situs semacam berita yang banyak teks-nya . Seperti : okezone , detik , dsb . Kalau buat yang lain masih lebih baik firefox
\
Opera
Kelebihan
• Ringan
• Memiliki email client dan rss sendiri, jadi tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya
• emanggilan kembali Cache cepat
Kekurangan
• Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs
• Untuk meng-update-nya harus men-download kembali file masternya

Kesimpulan
Dari sekian banyak web browser yang ada saat ini, bisa dikatakan browser Firefox, Internet Explorer, Google Chrome dan Opera adalah browser yang paling banyak digunakan tetapi diantara sekian banyak web browser yang ada yang paling sering digunakan adalah web browser Firefox karena web browser ini mudah dikostumasi sesuai dengan kebutuhan pengguna selain itu kelebihan dari web browser ini memiliki semacam tabs untuk menangani banyak halaman web pada saat yang bersamaan, tanpa harus membuka banyak jendela. Cukup dengan memanfaatkan tabs, pengguna dapat berpindah dari satu halaman web ke halaman lain,dan masih banyak lagi kelebihan web browser ini. Oleh karena itu web browser ini lebih banyak digunakan dikalangan mahasiswa khususnya dikelas PCE-0801,dari hasil analisis data dari 30 sampel mahasiswa sebanyak 27 mahasiswa menggunakan mozila, 13 mahasiswa menggunakan OPERA, 10 mahasiswa menggunakan Internet Explorer 8 dan sisanya sebanyak 5 mahasiswa menggunakan Chrome.
Saran
Dengan semakin banyaknya fasilitas web browser\yang ada, diharpkan kepada mahasiwa dan mahasiswi Politeknik Telkom dan khususnya kelas PCE-0801,agar dapat memanfaatkan fasilitas yang ada dengan sebaik - baiknya, untuk meningkatkan prestasi dan untuk kemajuan dari kampus Politeknik Telkom itu sendiri sehingga fasilitas yang ada tidak terbuang sia – sia. Banyak hal yang bisa kita manfaatkan dari fasilitas yang ada sekarang ini tidak hanya untuk dikalangan kampus saja, tapi dapat juga berguna bagi masyarakat sehingga dapat mendatangkan hal positif bagi kita semua dengan adanya fasilitas yang termanfaatkan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar